Kekuatan Meraih Hidup Ideal

“Kekayaan pada umumnya mudah dicari, kekayaan yang sesungguhnya tidak bisa. Dalam jiwa Anda terdapat sesuatu yang nilainya tiada tara dan tidak bisa diambil oleh siapapun dari diri Anda.”
Oscar Wilde (1854-1900) – Sastrawan Irlandia.

Setiap orang mempunyai daya tarik atau kekuatan kreatif yang luar biasa. Kekuatan tersebut dapat kita manfaatkan untuk mewujudkan impian atau segala sesuatu yang ingin kita nikmati. Setiap pengalaman, keadaan, maupun situasi yang kita alami bukan terjadi begitu saja, tetapi lebih dikarenakan kita sendiri menarik semua itu kedalam hidup kita.

Memang kita tidak pernah menyadari begitu besar kekuatan tersebut, tetapi bukan berarti tidak ada alasan mengapa kita mengalami kehidupan seperti sekarang ini. Kekuatan dahsyat yang kita miliki menarik kita pada suatu pengalaman, keadaan, atau situasi dengan sendirinya. Kekuatan tersebut menarik segala sesuatu yang mirip dengan siapa kita. Dengan kata lain, realitas dalam kehidupan kita merupakan refleksi atau cermin realitas atau keadaan di dalam diri kita.

Vibrasi dari dalam diri Anda misalnya merupakan hasil dari perpaduan yang komplek antara pikiran dan keyakinan. Anda dapat menentukan sendiri apa yang ingin kita pikirkan dan percaya. Sehingga Anda dapat mengubah getaran menjadi harmonis sesuai dengan hasil ideal yang Anda harapkan.

Pada film Yes Man (2008), yang dibintangi oleh seorang aktor komedi Jim Carey, menggambarkan dengan jelas kekuatan getaran tersebut berperan sangat besar terhadap kehidupan sang tokoh cerita bernama Carl Allen. Carl Allen selalu mengatakan ‘tidak’ terhadap setiap peluang untuknya. Sikap ini pula yang menyebabkan kehidupan tokoh dalam film tersebut terpuruk, kehilangan pekerjaan di sebuah bank sekaligus ditinggalkan istri tercinta.

Selanjutnya dikisahkan Carl Allen mampu mengubah pola pikir dan sistim kepercayaannya setelah mengikuti seminar, dimana ia mulai memiliki keberanian mengatakan ‘ya’. Perubahan tersebut saya kira telah menghasilkan getaran yang menarik suatu keadaan dimana Carl mengalami serangkaian petualangan yang jauh berbeda dari sebelumnya. Sampai akhirnya ia mendapat pekerjaan baru, kembali dekat dengan para sahabatnya dan mendapatkan pendamping hidup yang dapat menerima dia apa adanya. Film tersebut memberikan gambaran yang begitu jelas tentang kekuatan luar biasa dan sangat berpengaruh di dalam diri kita sendiri.

Bila kita melihat kehidupan di sekeliling, mungkin kita masih heran bagaimana di luar sana banyak juga orang yang hidup berlimpah ruah bahkan kekayaannya tergolong terbesar di seluruh dunia. Namun di bagian dunia lain juga sangat banyak orang yang hidup serba kekurangan. Apa penyebab dari perbedaan yang begitu besar?

Jawabannya adalah pikiran dan emosi mereka. Dua hal tersebut merupakan kekuatan luar biasa di dalam diri manusia. Kekuatan tersebut akan sangat menentukan apakah kita akan berhasil mendapatkan apa yang kita inginkan ataukah tidak.

Mekanismenya adalah pikiran dan emosi berperan besar membentuk kepercayaan kita. Kepercayaan ini kemudian berkembang seiring waktu berjalan, tetapi tidak akan jauh berbeda dari apa yang sudah kita yakini sebelumnya. Apa yang sudah kita yakini akan membentuk kenyataan. Selanjutnya akan tercipta keadaan yang sama terus menerus sesuai dengan apa yang kita yakini itu.

Kekuatan pikiran ini memang masih diragukan banyak orang, karena bertentangan dengan sistim kepercayaan yang telah terlebih dulu berkembang dan diyakini sebagai kebenaran. Tak heran jika banyak orang masih percaya bahwa apa yang terjadi pada diri mereka sudah menjadi nasib mereka. Padahal kenyataan dalam kehidupan mereka itu terjadi dikarenakan mereka menarik diri mereka sendiri kedalam sistim kepercayaan mereka sendiri.

Segala sesuatu yang terjadi erat terkait dengan sistim kepercayaan kita, dan itu sudah sering terbukti. Salah satu contohnya dulu orang berpikir tak mungkin dapat terbang dan sampai ke belahan dunia lain dalam hitungan jam. Tetapi kekuatan pikiran manusia menjadikan hal yang dulu dipandang tidak mungkin telah menjadi realitas kehidupan kita saat ini.

Itu artinya sejarah hidup kita akan berubah ketika kita mampu mengubah sistim keyakinan. Bila kita mampu menghancurkan keyakinan bahwa diri kita terbatas, mungkin kita akan mampu memecahkan rekor baru yang sebelumnya dianggap tidak mungkin. Jutaan orang di luar sana sudah mampu melakukan hal luar biasa karena berhasil mengoyak kepercayaan yang mengatakan bahwa kemampuan diri kita terbatas.

Ternyata rahasia memiliki kekuatan besar untuk mewujudkan segala sesuatu yang kita inginkan adalah melatih pikiran bawah sadar bahwa potensi kita sangat besar. Kita hanya membutuhkan keberanian mewujudkan segala impian dengan memanfaatkan potensi luar biasa dan tak terbatas anugerah Tuhan YME. Anda memiliki kekuatan untuk memilih apa yang Anda yakini dan pikirkan. Ubahlah keyakinan Anda dan Anda akan dapat mengubah dunia Anda.

Penulis : Andrew Ho

sumber

Baca Jugaclose