Kata Kata Motivasi Untuk Operator Sekolah

Kata Kata Motivasi Untuk Operator Sekolah - Operator Sekolah adalah salah satu tenaga khusus yang diberikan tugas untuk melakukan berbagai macam pendataan yang bersifat secara online. Seperti, Memasukan/entri data, validasi, updating dan sinkronisasi data individual sekolah ke dalam aplikasi Dapodik dan masih banyak lagi data-data selain itu. Karena data yang disebutkan tadi, hanyalah sebagian kecil dari pekerjaan Operator Sekolah.
Kata Kata Motivasi Untuk Operator Sekolah
Kata Kata Motivasi Untuk Operator Sekolah

Maka dari itu, admin akan membagikan beberapa kumpulan Kata Kata Motivasi Untuk Operator Sekolah pada kesempatan kali ini. Untuk lebih jelasnya, langsung saja anda menyimak ulasan artikel dibawah ini.
Hari ini, kita boleh berkecil hati tapi jangan sampai membuat anda  berputus asa dalam mengerkan tugas anda sebagai Operator Sekolah. Karena patut kita mensyukuri, karena setiap tahun perubahan pendataan aplikasi Dapodik semakin ada perubahan.  Otomatis Operator nantinya akan dibutuhkan sekali. Perbanyak berdoa dan bertahan terus menjadi OPS. Insya Allah, akan ada titik temunya nanti.
Harusnya kita bangga menjadi OPS, karena tanpa bimbingan pendataan pun kita bisa melakukan berbagai macam pendataan secara otodidak tanpa melakukan sosialisasi sama sekali. Jadi tidak salah jika Operator Sekolah disebut sebagai Tenaga Khusus. Karena mereka mandiri dalam mengerjakan pekerjaannya masing-masing. 
Harusnya para tenaga lain selain dari Operator Sekolah mencontoh pekerjaan kita sebagai OPS. Karena tanpa pembiayaan besar dan bimbingan khusus, Operator Sekolah tetap konsistem dalam menjaga akurat data peserta didik, data PTK, data Sekolah dan berbagai macam data penting buat sekolah. 
Mungkin hari ini kita melakukan berbagai macam pekerjaan tidak sesuai dengan  apa yang kita peroleh selama ini. Tapi yakinlah, suatu hari nanti semua kerja kita selama ini, sebagai Operator Sekolah akan membuahkan hasil. 
Mungkin hari ini, perhatian khusus buat Operator Sekolah tidak terlalu diperhatikan. Tapi yakinlah bahwa suatu saat Operator akan menjadi tulang punggung buat mengembangkan dunia pendidikan semakin menjadi lebih berkualitas lagi.
Hal yang harus senantiasa kita ingat sebagai Operator Sekolah adalah bahwa pekerjaan yang kita lakukan selama ini adalah pekerjaan yang sangat mulia. Karena menyangkut kepentingan dunia pendidikan

Tugas Operator Dapodik Sekolah antara lain

  • Menginput Data Dapodik Sekolah
  • Verifikasi dan Validasi Peserta Didik (VerValPD)
  • Verifikasi dan Validasi (VerValPTK)
  • Verifikasi dan Validasi (VerValSP)
  • Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan (DHGTK) 
Dari tugas operator sekolah diatas, itu merupakan hanya sebagian kecil yang dikerjakan oleh Operator Sekolah dan masih banyak lagi data-data yang dikerjakan oleh Operator Sekolah yang berhubungan dengan pendataan.

Saran untuk Pemegang Kebijakan di Sekolah

Harus diakui tugas Operator Dapodik saat ini memang sangat berat dan penting sekali bagi kemajuan sekolah. Meski bekerja di balik layar namun merekalah “Jantung” sekolah. Beberapa saran kepada para pemegang kebijakan di masing-masing sekolah berikut :
  • Berikanlah mereka motivasi buat Operator Dapodik disekolah anda, karena mengingat beban kerjanya yang sangat berat terkadang membuat semangat mereka menurun bahkan sudah banyak rekan Operator Sekolah behenti, karena tidak sesuai dengan kontribusi kerja mereka.
  • Fasilitasi mereka. Dalam tugasnya, operator paling tidak harus difasilitasi Laptop dan modem supaya dalam proses input data bisa dilakukan secara berkelanjutan dan tak ketinggalan informasi
  • Beri dukungan secara moril dan materiil. Beban berat yang dipikul Operator seringkali tak sesuai dengan penghargaan yang diberikan. Maka segeralah beri penghargaan yang baik supaya kinerja mereka semakin baik.
  • Lakukan sosialisasi kepada PTK mengenai tugas Operator Dapodik. Supaya mereka turut serta membantu dan mendukung tugas Operator Dapodik Sekolah
Sebelum admin mengakhiri artikel diatas, kami mengajak segenap untuk jajaran pemerintah khususnya yang berhubungan dengan dunia pendidikan, agar lebih memperhatikan dan memberikan tunjangan bagi Operator Sekolah bahkan mengangkatnya menjadi Pegawai Negeri Sipil. Karena mengingat tanpa Operator Sekolah, tunjangan dan sertifikasi guru tidak akan bisa dicairkan. Bahkan lebih dari itu, dana Bos dan PIP siswa tidak akan bisa dicairkan jika pendataan siswa tidak dikerjakan oleh Operator Sekolah. Jadi sudah jelas, Operator Sekolah itu harusnya mendapatkan tunjangan yang setimpal dengan apa yang mereka kerjakan selama ini. Karena sistem pendataan untuk saat ini adalah sistem Online.

Sebelum dibagikan, jangan lupa baca terlebi dahulu ya. Supaya anda mengerti dan memahami kerja dan penderitaan Operator Sekolah itu seperti apa. Salam Satu Data 
Bagikan ke :
Facebook Twitter Google+

0 Response to "Kata Kata Motivasi Untuk Operator Sekolah"

Posting Komentar