Kata Kata Motivasi Bijak Bahasa Makassar Lengkap Dengan Artinya

Kata Kata Motivasi Bijak Bahasa Makassar Lengkap Dengan Artinya - Pada kesempatan yang sama-sama berbahagia ini, kami akan memberikan informasi dan artikel terbaru yang berkaitan dengan Kata Kata Motivasi Bijak Bahasa Makassar Lengkap Dengan ArtinyaKata Kata Bijak Bahasa Makassar murupakan kumpulan petuah bijak leluhur kita kepada turunannya, Suku Makassar dikenal sebagai suku yang gigih, berani dan berjiwa besar.
Kata Kata Motivasi Bijak Bahasa Makassar Lengkap Dengan Artinya
Kata Kata Motivasi Bijak Bahasa Makassar Lengkap Dengan Artinya 

Baiklah, langsung saja anda menyimak artikel berikut di bawah ini lewat dengan kata-kata. Perhatikan dan simaklah penuh dengan perhatian dan kesungguhan.
Bersujud Bukan Kepada saja, sujudkan hati serta akalmu. Tidak ada duanya, tidsak ada samanya Gusti Allah SWT. Engkau angkat tanganmu, lalu melepaskan cinta duniamu, Karena Tuhan sudah menunggumu, lalu negkau menyebut-Nya. (Je'ne Sambayang anjari pa'bissa kalennu.  Zikkiri anjari pa'bissa atinnu. Tafakkoro'nu anjari pa'bissa pikkirannu. Sukkuru na ikhlaska anjari pa'bissa cinnanu rilinoa.  Sa'bara anjari pa'bissa kalarroannu)
Teako attinroi punna tena natangkasa kalennu siagang atinnu. Teako a'jappai punna tena nuboliki katallassannu ri patanna linoa. Anjo kakodianga aa'rurungangi kabajikanga. Ikatte mami ammilei kerea ero' ri pinawang. (jangalah tidur jika belum bersih tubuhhmu dan suci hatimu. Jangan berjalan bila tidak menyimpan kehidupanmu kepada Sang Khalik. Karena keburukan berbarengan dengan kebaikan. Andaslah yang memilih, mana yang akan dikuti)
Manna Ronro linoa, gesara butta maraeng, Tu Mangkasaraka Abulo sibatang tonjo, accera' sitongka-tongka  (Wudhumu akan jadi pembersih Tubuhmu. Dzikirmu akan jadi Pembersih hatimu. tafakurmu akan jadi pembersih Pikiranmu.  Syukur dan Ikhlas menjadi pembersih kecintaanmu pada dunia. Sabar menjadi Pembersih Kemarahanmu) 
Apayya kau nupasang  Punna nakku ri ammatnu. Inakke iya Anginga punna lammiri. (Saudara yang sebenarnya adalah saudara sekandung. Merekalah yang pantas menjadi pelindung. Sepupu satu kali atau dua kali masih diragukan kesetiaannya)
Lompobattammonjo cini Ti’rinna bawakaraeng Iya tea gio Iya tena ta’lenggang-lenggang. (Jika aku sudah meninggalkan tempat Jangan membicarakan kejelekanku Bicarakanlah kelakuan baikku Saya pun akan berlaku demikian)
Manna Ronro linoa, gesara butta maraeng, Tu Mangkasaraka Abulo sibatang tonjo, accera' sitongka-tongka tonji. (Biarlah geger Dunia, Becerai berai negeri seberang, Orang Makassar, bersatu padu, bertanah air satu jua) 
Niaka anne mammempo Angngerang kasi asiku Saba' nia'na Hajjakku lakupabattu. (Tirulah gunung Lompobattang Tinggi menyamai Bawakaraeng Tapi dia tidak banyak gerak  Juga tidak melenggok-lenggok)
Punna bokomo lampaku Teako rampea kodi Rampea golla Nakurampeko kaluku. (Kepada siapa engkau akan berpesan, jika engkau rindu kepada ibumu. Adapun saya akan berpesan kepada angin yang akan bertiup) 
Kamase-mase kuerang Taddongko rimangko kebo Naki'minasa Nipaempo kalabbirang. (Kamilah datang menghadap Membawa kemiskinanku Adanya hajat Inginlah kusampaikan) 
Le'ba kusoronna biseangku, kucampa'na sombalakku, tamassaile punna teai labuang. (Bila perahu telah kudorong,layar telah terkembang, takkan ku berpaling kalau bukan labuhan yang kutuju) 
Apa nikanre ri anja Nikaddo ri padatari Sambayangiya Puasa sibulangiya. (Sederhana kami bawa Kutaruh di mangkuk putih Kami berharap Didudukkan pada adat) 
Langere' baji'-bajiki anne ana', pantamai ri lalang atinnu, nanu gaukangki. (Dengarkanlah baik-baik wahai anakku, masukkan dalam hatimu, lalu kerjakanlah) 

Demikianlah informasi dan artikel pada kesempatan berbahagia ini. Semoga bermanfaat dan dengan adanya artikel di atas, anda lebih mengenal berbagai macam bahasa khususnya Bahasa Makassar ini. Sekian dan terima kasih.
Bagikan ke :
Facebook Twitter Google+

0 Response to "Kata Kata Motivasi Bijak Bahasa Makassar Lengkap Dengan Artinya "

Posting Komentar