Kata Kata Motivasi Semangat Buat Yang Sedang Mengikuti Ujian Nasional

Kata Kata Motivasi Semangat Buat Yang Sedang Mengikuti Ujian Nasional - Pada kesempatan kali ini, admin akan membagikan informasi mengenai Kata Kata Motivasi Semangat Buat Yang Sedang Mengikuti Ujian Nasional.  Tidak semua siswa memiliki mental yag cukup kuat ketika dihadapkan dengan ujian nasional yang kedepannya akan menjadi penentu tentang layak atau tidaknya seorang siswa melanjutkan ke sekolah yang lebih tinggi.
Kata Kata Motivasi Semangat Buat Yang Sedang Mengikuti Ujian Nasional
Kata Kata Motivasi Semangat Buat Yang Sedang Mengikuti Ujian Nasional

Bagi siswa yang rajin belajar, tentunya ujian nasional bukanlah hal yang menakutkan dan meresahkan karena persiapan ujian nasional sudah disiapkan jauh jauh hari sebelumnya, tetapi beda halnya dengan siswa yang malas belajar, rasa tegang, gelisah, dicampur deg degan karena takut bila dia tidak lulus dan dia akan dihantui oleh pikiran dan yang mersahkan hatinya.

Baca juga Kata Kata Motivasi Yakin Lulus 100 % Ujian Nasional
Baiklah, langsung saja anda menyimak pembahasan kali ini, mengenai Kata Kata Motivasi Semangat Buat Yang Sedang Mengikuti Ujian Nasional berikut di bawah ini :
Jangan pernah ragu sedikitpun dalam diri anda dalam mengikuti ujian nasional. Karena keraguan itu akan membuat anda gagal dalam ujian nasional. Tapi yang harus anda lakukan yakin dan percayalah bahwa anda akan lulus ujian nasional, karena sudah melalui begitu banyak proses selama bertahun-tahu. 
Berusaha dan rajinlah belajar dengan bersungguh-sungguh dalam menghadapi ujian nasional. Karena ujian nasional adalah sebenarnya awal menuju kemandirian belajar untuk melanjutkan di jenjang pendidikan yang lebih tinggi atau yang biasa dikenal bangku perkuliahan.  
Jangan menggerutu, marah serta sedih bila sedang terkena musibah atau cobaan. Cobalah ambil hikmah serta ambillah hal positif dari musibah atau cobaan tersebut. Niscaya kamu akan mengerti apa yang ada dibalik sebuah musibah atau cobaan.  
Dulu pergi ke bulan memang sesuatu mustahil tetapi dalam kenyataannya ada orang yang akhirnya bisa pergi ke bulan. Mungkin mimpi atau cita-citamu mustahil tetapi dapat terwujud jika kau mau berusaha keras untuk mewujudkannya. 
Hidup seperti halnya roda yang berputar, kadang diatas, kadang juga dibawah. Jadi berhati-hatilah bila diatas karena bisa jadi anda akan dibawah. Dan bila anda dibawah bangkitlah dan berusaha supaya dapat menjadi diatas. 
Dikala dirimu bersedih, jangan mencoba melupakan kesedihanmu itu. bila kamu bisa menangis, menangislah sampai kesedihanmu hilang seiring hilangnya air mata dari pipimu. 
Dikala dirimu tak memiliki siapa-siapa yang dapat menemanimu dikala suka maupun duka. Janganlah khawatir karena Sang Maha Pencipta selalu menemanimu.
Setetes kebaikan itu sangatlah indah bahkan lebih indah dari taman bunga. Tetapi setitik keburukan itu bagaikan kotoran yang dapat mencemari seluruh kebaikan.  
Jika kamu ingin berbagi rizki, berbagilah karena sungguh orang yang senang berbagi, hartanya tidak akan berkurang melainkan semakin bertambah.
Matahari saja memancarkan sinarnya dengan ikhlas tanpa pamrih. Tetapi kenapa kebaikan yang kamu lakukan seakan berharap ingin mendapat balasan? 
Dalam hidup kadang susah, kadang juga senang. Ketika susah bersabarlah, tetapi ketika senang janganlah lupa ketika pernah susah.
Bila dalam kebenaran, lakukanlah apa yang mampu kamu lakukan dan bila dalam keburukan, tinggalkanlah apa yang seharusnya kamu tinggalkan. 
Jika kamu memiliki keyakinan dalam sesuatu hal, maka keyakinan itulah ibarat “pondasi” untuk bisa membuat sebuah bangunan yang kokoh. 
Jika dirimu berpikir bahwa Tuhan itu tidak adil maka kamu akan selalu merasa tidak mendapatkan keadilan dalam hidup ini.  
Terkadang benci telah membuatmu “jahat”, jadi buanglah kebencianmu dan jadikan itu sebuah pelajaran yang berharga. 
Jika dirimu diperlakukan buruk oleh seseorang, janganlah membalas dengan keburukan tetapi balaslah dengan kebaikan. 
Masalah sebesar apapun pasti dapat teratasi asalkan masalah tersebut dihadapi, bukan dihindari.
Semoga perjuangan 3 tahun selama ini anda mendapatkan ujian nasional yang memuaskan. Aamiin.
Setelah anda selesai ujian dan mendapatkan nilai yang memuaskan. Jangan pernah lupa tetap belajar dan belajar ya. Karena ujian nasional itu, bukan akhir dari segalanya tapi permulaan untuk menjadikan anda tetap rajin dan fokus pada belajar anda.

Kata Kata Motivasi Semangat Buat Pelajar Agar Tetap Optimal Dalam Menghadapi Ujian Nasional

Kadang belajar itu memang membosankan tapi lawanlah rasa bosan itu dengan rajin belajar. Karena suatu hari nanti anda akan menggunakan ilmu pengetahuan yang selama ini anda pelajari dan jangan hanya rajin belajar karena ujian nasional/ujian sekolah sudah dekat tapi belajarlah dengan kesadaran dari diri pribadi masing-masing.
Mungkin di benak kaum pelajar, ujian nasional/ujian sekolah adalah momok yang menakutkan tapi lawanlah rasa kecemasan dan ketakutan itu dengan bersungguh-sungguh belajar tanpa ada hentinya. Insya Allah, anda akan meraih subuah pencapaian yang luar biasa.
Ujian nasional/ujian sekolah semakin dekat, maka dari bersungguh-sungguhlah dengan giat belajar agar anda mendapatkan nilai yang bagus dan bisa mengangkat derajat kedua orang tua anda serta jangan hanya berhenti sampai disitu tapi tetaplah berprestasi dimana saja anda berada.
Yakin dan percayalah akan kemampuan yang anda miliki selama ini, untuk mengikuti ujian nasiona/ujian sekolah. Karena anda sudah belajar cukup lama selama 3 tahun. Jadi tidak ada lagi alasan buat anda takut untuk mengikuti/menghadapai ujian nasioan (UN).

7 Cara sukses belajar menghadapi Ujian Nasional :

1. Mempelajari materi kisi-kisi UN dan UASBN

Cara terakhir agar sukses menghadapi UN dan UASBN adalah mempelajari kisi-kisi UN dan UASBN, dalam kisi-kisi UN dan UASBN terdapat materi pelajaran yang akan muncul pada ujian nasional dan ujian akhir sekolah berstandar nasional. Soal yang muncul dalam UN dan UASBN dibuat berdasarkan indikator yang ada dalam kisi-kisi UN dan UASBN, jadi perbanyak latihan menjawab soal sesuai dengan apa yang ada dalam kisi-kisi UN dan UASBN Walaupun soal yang muncul tidak sama persis dengan materi latihan soal UN dan UASBN namun bisa dipastikan tipe soal kemungkinan sama. Materi pelajaran yang tidak ada dalam kisi-kisi UN dan UASBN sebaiknya tidak dipelajari karena bisa dipastikan materi tersebut tidak akan muncul dalam UN dan UASBN.  Dan jika anda mampu menguasai sepenuhnya materi pelajaran dalam kisi-kisi UN dan UASBN maka besar kemungkinan anda akan sukses menghadapi ujian nasional dan uasbn.

2. Memaksimalkan penguasaan materi pelajaran

Hal yang yang cukup penting yang harus bisa anda lakukan adalah memaksimalkan penguasaan materi pelajaran, yakni mata pelajaran yang kurang anda kuasai anda usahakan secara maksimal untuk bisa menguasainya. Dan adapun mata Pelajaran yang anda kuasai sebaiknya semakin dipermantap. Orang yang hendak mengikuti ujian nasional ibaratkan orang yang sedang ingin pergi menangkap ikan, ikan yang bisa anda dapatkan tergantung apa yang anda gunakan untuk menangkap ikan tersebut. Jika anda menggunakan pancing sudah bisa dipastikan hanya ikan tertentu yang bisa anda tangkap namun jika menggunakan jala maka semua jenis ikan bisa anda tangkap mulai dari ikan kecil, sedang dan besar. Analogi tersebut mengisyaratkan bahwa jangan hanya kebanyakan latihan menjawab soal-soal karena jika hanya fokus memperbanyak latihan menjawab soal maka kemungkinan soal yang bisa anda jawab dalam UN dan UASBN hanya soal-soal yang mirip atau setipe dengan soal yang anda pelajari saat latihan namun jika kamu fokus menguasai materi UN dan UASBN kemungkinan besar semua tipe soal yang muncul dalam UN dan UASBN bisa anda taklukkan. Dan alangkah baiknya antara memperbanyak penguasaan materi UN dan UASBN sembari latihan menjawab soal.

3. Manajemen waktu belajar 

Agar bisa sukses menghadapi ujian nasional maka hal yang sangat penting untuk dilakukan adalah mengatur jadwal belajar, misalkan dalam sehari anda memberi porsi khusus untuk belajar berapa jam pada diri anda berapa jam? Analisa waktu yang baik untuk anda belajar sehingga bisa dengan mudah menyerap pelajaran misalkan apakah belajar di waktu pagi, siang atau malam hari.

4. Menentukan teknik belajar yang efektif

Dalam rangka menghadapi ujian nasional dan uasbn sebaiknya juga menentukan teknik belajar. Teknik belajar adalah suatu cara dalam belajar sehingga Apa yang dipelajari sulit untuk dilupakan. Salah satu teknik belajar yang efektif adalah fokus untuk mempelajari materi pelajaran tertentu. Misalkan hari ini anda memutuskan untuk mempelajari tentang pecahan desimal maka fokuslah untuk hanya mempelajari tentang pecahan desimal tersebut sampai anda benar-benar memahaminya, mulai menjawab soal, menghapal rumus pecahan desimal dan menguasai materi pecahan desimal dll. Jangan mempelajari banyak mata Pelajaran sekaligus dalam sehari karena hal tersebut biasanya tidak efektif dan cenderung membuat anda mudah melupakan apa yang telah dipelajari.

5. Melakukan metode belajar yang bervariasi

Agar tidak mudah bosan dalam belajar apalagi ketika jadwal pelaksanaan UN dan UASBN semakin dekat, maka sebaiknya anda memperatekan metode belajar yang bervariasi misalkan metode belajar secara berkelompok bersama teman-teman yang juga akan mengikuti UN dan UASBN atau biasa juga disebut dengan metode diskusi, anda juga bisa mencoba metode tanya jawab dengan teman anda dengan cara saling bertanya jawab soal dan materi pelajaran yang berkaitan dengan UN dan UASBN.

6. Menentukan target yang akan dicapai

Salah satu strategi yang bisa membangkitkan motivasi belajar menjelang ujian nasional dan uasbn adalah memberikan target pada diri sendiri hal yang harus dicapai sesuai dengan jangka waktu yang telah ditetapkan. Misalkan dalam jangka waktu sekian materi pelajaran matematika sudah bisa berhasil anda kuasai atau anda bisa membuat target agar bisa lulus ujian nasional dengan status nilai ujian paling tinggi dalam tingkat kabupaten atau provinsi bahkan tingkat nasional. Dengan memiliki target yang jelas maka dijamin semangat belajar Anda akan bertambah berkali-kali lipat.

7. Mereview materi pelajaran yang pernah dipelajari

Langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan agar sukses menghadapi ujian nasional adalah mereview kembali pelajaran yang pernah dipelajari mulai dari bangku kelas 1 sampai kelas 3. Karena bisa dipastikan soal yang muncul dalam ujian nasional adalah materi pelajaran yang selama ini pernah anda pelajari. Jadi adalah hal bijak jika anda kembali membuka catatan catatan Anda saat mulai kelas 1 sampai kelas 3.

Demikianlah informasi dan artikel kami bagikan pada kesempatan yang sama berharga ini. Semoga bermanfaat dan buat yang lagi melakukan ujian apapun itu bentuknya, apakah ujian sekolah ataukah ujian lainnya. 

Intinya harus tetap yakin bahwa setiap ujian yang datang adalah ketentuan dari Allah yang harus kita lalui, untuk menjadikan hidup kita lebih berkualitas dan lebih bermakna. Karena tanpa ujian hidup kita tidak akan terasa nikmat dan berarti. Good luck for all.
Bagikan ke :
Facebook Twitter Google+

0 Response to "Kata Kata Motivasi Semangat Buat Yang Sedang Mengikuti Ujian Nasional"

Posting Komentar